Poso Ibu Kota Sultim


Kabupaten Poso adalah sebuah kabupaten di provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Kabupaten poso mempunyai luas sebesar 24.197 km² dan berpenduduk sebanyak 132.032 jiwa (2000). Ibu kota kabupaten ini terletak di Kota Poso.

poso3hh2

Sejarah

Pada mulanya penduduk yang mendiami daerah Poso berada di bawah kekuasaan Pemerintah Raja-Raja yang terdiri dari Raja Poso, Raja Napu, Raja Mori, Raja Tojo, Raja Una Una, dan Raja Bungku yang satu sama lain tidak ada hubungannya.

Keenam wilayah kerajaan tersebut di bawah pengaruh tiga kerajaan, yakni : Wilayah Bagian Selatan tunduk kepada Raja Luwu yang berkedudukan di Palopo, sedangkan Wilayah Bagian Utara tunduk dibawah pengaruh Raja Sigi yang berkedudukan di Sigi (Daerah Kabupaten Donggala), dan khusus wilayah bagian Timur yakni daerah Bungku termasuk daerah kepulauan tunduk kepada Raja Ternate.

Sejak Tahun 1880 Pemerintah Hindia Belanda di Sulawesi Bagian Utara mulai menguasai Sulawesi Tengah dan secara berangsur-angsur berusaha untuk melepaskan pengaruh Raja Luwu dan Raja Sigi di daerah Poso.

Terbagi Dua

Pada 1918 seluruh wilayah Sulawesi Tengah dalam lingkungan Kabupaten Poso yang sekarang telah dikuasai oleh Hindia Belanda dan mulailah disusun Pemerintah sipil. Kemudian oleh Pemerintah Belanda wilayah Poso dalam tahun 1905-1918 terbagi dalam dua kekuasaan pemerintah, sebagian masuk wilayah Keresidenan Manado yakni Onderafdeeling (kewedanan) Kolonodale dan Bungku, sedangkan kedudukan raja-raja dan wilayah kekuasaanya tetap dipertahankan dengan sebutan Self Bestuure-Gabieden (wilayah kerajaan) berpegang pada peraturan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Belanda yang disebut Self Bestuure atau Peraturan adat Kerajaan (hukum adat).

Pada 1919 seluruh wilayah Poso digabungkan dialihkan dalam wilayah Keresidenan Manado di mana Sulawesi tengah terbagi dalam dua wilayah yang disebut Afdeeling, yaitu: Afdeeling Donggala dengan ibu kotanya Donggala dan Afdeeling Poso dengan ibu kotanya kota Poso yang dipimpin oleh masing-masing Asisten Residen.

Sejak 2 Desember 1948, Daerah Otonom Sulawesi Tengah terbentuk yang meliputi Afdeeling Donggala dan Afdeeling Poso dengan ibuk otanya Poso, yang terdiri dari tiga wilayah Onder Afdeeling Chef atau lazimnya disebut pada waktu itu Kontroleur atau Hoofd Van PoltselykBestuure (HPB).

Distrik Sulawesi Tengah

Ketiga Onderafdeeling ini meliputi beberapa Landschap dan terbagi dengan beberapa distrik yakni :

  • Onderafdeeling Poso, meliputi:Landschap Poso Lage berkedudukan di Poso, Landschap Lore berkedudukan di Wanga, Landschap Tojo berkedudukan di Ampana, Landschap Una Una berkedudukan di Ampana.
  • Onderafdeeling Bungku dan Mori meliputi : Landschap Bungku berkedudukan di Bungku, Landschap Mori berkedudukan di Mori.
  • Onderafdeeling Luwuk meliputi : Landschap Banggai berkedudukan di Luwuk.
  • Onderafdeeling Donggala
  • Onderafdeeling Palu
  • Onderafdeeling Toli Toli
  • Onderafdeeling Parigi

Kemudian pada tahun 1949 setelah realisasi pembentukan Daerah Otonom Sulawesi Tengah disusul dengan pembentukan Dewan Perwakilan Rakyat Sulawesi Tengah. Pembentukan Daerah Otonom Sulawesi Tengah merupakan tindak lanjut dari hasil Muktamar Raja-Raja se-Sulawesi Tengah pada tanggal 13-14 Oktober 1948 di Parigi yang mencetuskan suara rakyat se-Sulawesi Tengah agar dalam lingkungan Pemerintah Negara Indonesia Timur (NIT). Sul-Teng dapat berdiri sendiri dan ditetapkan bapak Rajawali Pusadan Ketua Dewan Raja-Raja sebagai Kepala Daerah Otonom Sulawesi Tengah.

Daerah otonom

Selanjutnya, dengan melalui beberapa tahapan perjuangan rakyat Sulawesi Tengah melalui Dewan Perwakilan Rakyat Sulawesi Tengah yang dipimpin oleh A.Y Binol pada tahun 1952 dikeluarkan PP No. 33 thn 1952 tentang pembentukan Daerah Otonom Sulawesi Tengah yang terdiri dari Onderafdeeling Poso, Luwuk Banggai dan Kolonodale dengan Ibukotanya Poso dan daerah Otonom Donggala meliputi Onderafdeeling Donggala, Palu, Parigi, dan Toli Toli dengan Ibukotanya Palu.

Pada tahun 1959 berdasarkan UU No. 29 Thn 1959 Daerah Otonom Poso dipecah menjadi dua daerah Kabupaten yakni : Kabupaten Poso dengan Ibukotanya Poso dan Kabupaten Banggai dengan Ibukotanya Luwuk.

Kepala daerah

Bupati Kepala Daerah yang pernah memerintah di Kabupaten Poso:

  • R. Pusadan (1948-1952)
  • Abdul Latif Dg. Masiki (1952-1954)
  • Alimoeddin Dg. Matiro (1954-1956)
  • Djafar Lapasere (1956-1957)
  • S.Kabo (1957-1959)
  • A. Wahab (1959-1960)
  • Ngitung (1960-1962)
  • Drs. B.L Sallata (1962-1966)
  • Drs. Galib Lasahido (1967-1973)
  • Drs. R.P.M Koeswandi (1973-1984)
  • Soegiono (1984-1988)
  • Drs. J.W Sarapang (1988-1989)
  • Arief Patanga (1989-1999)
  • Drs. H. Abdul Muin Pusadan (1999-2004)
  • Andi Azikin Sayuti (2004-2005)
  • Drs. Piet Ingkiriwan (2005 – sekarang).

dari wikipedia bahasa  indonesia

About these ads

36 Responses to Poso Ibu Kota Sultim

  1. mei says:

    jagan cma poso ja yang d bwt ibu kota tpi tentene jga dunk skrang ekonomi d sana smakin hari makin mahal,,,,apa pemerintah ngga bisa menurunkan hrga bahan pangan d sana…”””””””??????????

  2. roi says:

    hidup sultim

  3. crazyposo says:

    semoga harapan dan cita2nya dapat terwujud menjadi ibukota sultim
    hidup poso

  4. Anonymous says:

    Jgn hanya mengandalkan sejarah poso yg dahulu ingat bukan cuma itu sejarah kalian masih ada sejarah kerusuhan jd harus dipertimbangkan juga..mending kt ke KOTA LUWUK yg aman,maju,dan terlengkap..apalagi yg kurang dgn Kota LUWUK…coba.

  5. a1-on3 says:

    Saya sangat setuju, klw Poso jdi ibukota SULTIM, karena dilihat dari segi geografisnya, kota Poso sangat strategis dibanding dgn kota Luwuk.

  6. bocil says:

    bangsa yang besar adalah bangsa yg tidak melupakan sejarahnya,masalah kerusuhan poso adalah cerita lalu,dan itu merupakan pengalaman yg paling berharga buat masyarakat poso,secara geografis poso lebih strategis dbandingkan dengan luwuk,infrastruktrur juga poso untuk saat ini sdh sangat memadai untuk djadikan ibu kota sultim,perekonomian,jalur starategis poso sebagai jalur transit perdagangan antar kota2 di sulawesi sangat mendukung untuk itu,ini terbukti dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi mikro masyarakat poso pasca kerusuhan,keamanan untuk kemanan poso sekarang ini memiliki jumlah personil keamanan terbesar setingkat kabupaten,bahkan untuk ukuran kabupaten poso sudah lebih dari cukup,kemudian juga kesadaran masyarakat untuk tidak mengulang lgi kejadian di masa lalu adalah jaminan poso it’s a save city
    buat luwuk pikir2 dulu lah sebelum mengajukan diri sebagai ibu kota sultim,sudah layakkah luwuk????

  7. Ai says:

    perebutan ibukota sultim bukanlah solusi yang tepat dan janganlah kita selalu saling menjatuhkan satu sama lain menurut pendapat saya kab poso,dan luwuk punya kelebihan dan kekurangan yang sama tidak ada yang sempurna kalaupun harus terjadi tarik menarik kedudukan ibukota sultim maka kab touna lebih siap lagi menjadi ibukota provinsi sultim karen letak kedudukannya tepat di tengah2 5 kabupaten.

  8. anak toili says:

    saya gembira mendengar adanya pemekaran, baik poso maupun luwuk sama2 strategis dan makmur tapi bagaimana dengan keamanya????
    kalau dari sudut aktivitas perekonomian, saya cenderung memilih luwuk jadi kota provinsi, sarana dan prasarana, luwuk lebih mapan. jadikan LUWUK seindah hidupmu, kawan!!!!!
    kalau diposo, airport hancur/tidak lancar, dermaga gak layak, jalan rata2x rusak, lalu apa yang layak dijual dari sono, kawan?????
    apapun nanti hasilnya “KITA TETAP BERSAUDARA”. damai selalu.

  9. anak wahana says:

    yach… kayakx smw kabupaten mmg menginginkan tuk jdi ibukota sultim bahkan buat kabupaten yg msih merangkak n berdiripun blm sanggup,klw mmg jdi pemekaran sultim bukan untuk diperdebatkan posisi ibukota,baiknya semua kembali melihat kesiapan masing2 layakkah untuk menjadi ibukota,karena jika sampai salah dan hanya menuruti ego dan kepentingan individu maka bukan kemajuan yang didapatkan tetapi hanyalah kemunduran,jadi marilah sama2 kita jadikan ini sebagai bentuk kepentingan bersama dari masyarakat sultim yang ingin maju dan berkembang (jika memang disetujui)
    buat anak toili jika ingin mengikuti kata hati sebagai anak pozo saya pun ingin pozo yang jadi ibukota sultim,tapi bukan itu tujuan utama dari pemekaran wilayah,masalah layak dan tak layak ada orang2 yang lebih berkompeten dibidangnya yang berhak untuk angkat bicara… merasa bangga dengan daerah sendiri itu boleh asal jangan pernah merasa daerahmu lebih baik daripada daerah lain,karena tiap2 daerah pasti punya kelebihan dan keunggulan masing2,klo sdh sampai merasa lebih baik dari daerah lain maka inilah yang akan menimbulkan sikap fanatik terhadap kelompok yang berlebihan (pernah sekolah kan?? ingat donk pelajaran ips ttg sukuisme) dikalangan kita dan ujung2nya menyebabkan disintegrasi bangsa,kalau sampai anak luwuk berpikiran seperti ini saya sangat ragu kalau luwuk jadi ibukota sultim karena bisa2 semua daerah yang berada dibawahnya akan dianggap tidak lebih baik dari luwuk sndiri,semoga pemekaran membawa manfaat bagi kita semua bukan perpecahan dan pemikitan sempit sesaat yang menyesatkan dan menghancurkan… amiiin……..

  10. orang poso says:

    mari semua yang merasa dodominya di tanam di sebuah daerah bernama poso,kita wujudkan poso untuk menjadi IBUKOTA SULAWESI TIMUR!!!!
    buktikan kepada dunia bahwa poso bukan hanya suatu tempat yang terkenal dengan kerusuhannya,akan tetapi kita rubah tanggapan tersebut menjadi poso,suatu tempat yang terkenal dengan apresiasinya,kreatifitasnya,dan ketentramannya!!!!!!!!JAYA TERUS KOTA POSO………………..

  11. achiewahana says:

    yg pling penting dari 7an otda adalah tercapainya kesejahteran masyarakat,bukan pribadi atw golongan tertentu,salah 1 pertimbangan yg paling penting untuk dipikirkan adalah sudah layakkah daerah tersebut untuk memisahkan diri baik dari sumber daya alam dan sumber daya manusia,karena jika tidak,maka bukan kesejahteraan masyarakat yg didapatkan malah sebaliknya,otda bukan ber7an untuk memcah belah persatuan dangsa ini.. so.. daerahmanapun yg dijadikan ibukota propinsi harus sudah benar2 siap agar dapat lebih memajukan daerah dan mensejahterakan masyarakat setempat…

  12. memeng says:

    orang elit2 di poso jahat.tega liat orang mati d depan mata tanpa ada tindakan apa2 poso daerah penbantaian manusia.gapain sibuk2 ibu kota2

  13. bujang_lokal says:

    jiakakakakak…..
    ini dia yg bikin sultim ga jadi2….
    oiyy… om2. Orang palu ketawa – ketiwi ngeliat kalian berbantah2an…. hehehe…
    ga sedikit kok daerah di indonesia yg kecamatannya lebih maju dari ibu kota kabupatennya, ada juga Kota Madya yg majunya lebih dari ibu kota propinsinya….
    Ga usah terlalu di ributin ntuh ibu kota sultim. Mo ibu Kotannya dimana juga ga ngaruh kalo kitanya tetap bermalas2an… hehehe. Sultim ga terbentuk juga kita bisa maju kok kalo mau…. hehehe.
    jadi ingat kata kawan lamaku “Form is temporary but class is permanent”…. hehehehe

    jabat_erat,
    orang indonesia

  14. ferdy says:

    da rncna buat prov zndri ya?? ni dngerin kta2x anak sulsel, ngapain brbnth-bnthan.. mending kzh aj yg lbih ngrti zoal yg gtuan. tz klo zoal luwuk lbh mju dri pda pozo, i2 zih bkan mzlah. liat aj kab. gw luwu timur di sul-sel, ibu ktax malili tpi yg lbih bguz kota zorowako ma kec. towuti. jdi g uzah mkrin zyp yg lbh mju, yg d fkrin i2 mna yg ltakx ztratgiz.. qey..

  15. Laki-laki pozo says:

    Y jls aj kota poso lbih pas jdi ibu kota sultim..mo ke_mna2 lwt poso krna mmang ltakx yg strategis brada tpat di_jantung pulau sulawesi..daerah kotax jg msih luas bnget untk di_kmbangkn sdangkn luwuk, ih kotax kcil bnget n smpit trus bnyk tnjakan yg bkin kndaraan jdi boros bnsin n ingat pmbangunan di_daerah brgunung sprti luwuk pstix tdk akn maksiml n jg ingat lho luwuk itu slh stu daerah pualing rwan gempa di_Indonesia..ih takuu…t.

  16. Laki-laki pozo says:

    Untk anak2 poso yaitu kab.morowali & kab.tojo una2 mri dkung spenuhx ibu kalian yaitu poso untk mnjdi ibu kota sultim..untk luwuk aku cuma mau bilng, klian bnr2 anak yg durhaka kpd ortux n anak yg tdk tau diri..pdahal klian sndiri adlh anak poso jg..ingat surga ada di_bwh tlapak kaki ibu..jdi poso ibu kota sultim adalah harga mati.

  17. Laki-laki pozo says:

    Oh y, aku tuh prnh jlan k_luwuk yg konon ktax kota pualing brsih di_sulawesi tngah..tpi wkt sy k_psar yg nmax klau ga slh pusat prblanjaan bumi mutiara, wuih gila tuh psar kotor buanget..smpah di_mna2 n slokanx y ampyun bau n airx trgenang n jg pnuh lalat..jdix aku brpikir inikah kota yg di_nmakn brsih..layakkah dia mndpt adipura dgn kondisi sprti ini..brarti kbersihnx hnya tmpak dri luar tpi dlmx wuih ga kuat..malahan nih klau aku bndingkn dgn kota yg lain sy pkir donggala & parigi yg lyak mndpt predikt pling brsih saat ini.. ga adil bnget y..

  18. katrina says:

    semoga aq bisa berkunjung di kota poso.

  19. jajaka Sunda says:

    biarpun aku orang sunda yg belum pernah ke poso, aku sering browsing poso d internet lhoo, aku jtuh cinta sama poso,dri keadaan geografisnya,masyarakatnya, semuanya aku suka…. soalnya pacarku tinggal di poso. wkwkwkwkwkwk… gak nyambung yah????? hidup poso,maju terus. i love u full poso. mmmmmmuuuach.

  20. abbas says:

    salam kenal buat masyarakat poso. aku dri jawa barat, aku suka poso, semoga suatu saat aku bisa berkunjung ke sana. Poso oh…… Poso…..
    buat temen2 Poso my numb. 081268012589 call me im waiting for

  21. Ino says:

    Aku cinta luwuk, tanah air beta ! Mo poso ibunya tpi lebih nenek luwuk karena punya peradaban tertua tompotika yg lahir pada abad ke 9 jdi klau yg pling tua msih luwuk dong !

  22. stwbod says:

    Semoga pemekaran membawa manfaat sebesar-besarnya bagi semua di wilayah ini

    salam peace

  23. khoba says:

    boss..
    lagi b apa boss..

  24. saya sebagai orang luwuk n orang SULAWESI yg terpenting kita tetap satu dalam pebangunan..,,ntah nantinya di poso atau luwuk ibu kota SUL-TIM asalkan masyarkat bisa nyaman dan tentram dalam menjalani hidup karena hidup bkan cuman di SUL-TIM tapi ada kehidupan yg namanya Akhirat..!! saya sngat mendukung pemekaran SUL-TIM tapi jangan dengan itu kita terpecah dengan masalah pemekaran tersebut, kita mulai dari diri sendiri apakah dengan provinsi baru SDM kita sudah layak untuk jadi Provinsi.. INGAt (orang yg mememperebutkan adalah orang2 yg ambisi dan haus akan kekuasaan)…

  25. Riell says:

    Yg jelas luwuk is the Best dr pemBangunan indusTRi dan perkembAngan InfrastRUktr darat lauT maupun Udara lengkap….JD yg pantas jd Ibu Kota SuLTIM A/d Luwuk City Krna berada d timur Sulawesi….go Luwuk kami mendukungmu By Youngers comunity luwuk city

  26. yudhi says:

    hMmmmmmmmmm..le bih bgsan poso yg jd ibu kota sultim,,,,,,,klw luwuk t4.a kecil,sempit bgt ga bisa bgn gedung2 besar,,,,,,
    poso maju terus………
    i love poso,,,,,,,,,cinta sgt,,,,,

  27. budi says:

    apa…brakali dari segi prekonomian pndaptan ( PAD ) luwuk lebih tnggi di banding poso…klo poso apa yg di andalkan skrg..
    sala 1 yg menunjang prkmbagan suatu daerah adalah sektor prekonomian..sorii kota luwuk derah yg kaya, makmur,aman dan sejatra.pokokx smuanya deh menunjang.

  28. budi says:

    apa…brakali dari segi prekonomian pndaptan ( PAD ) luwuk lebih tnggi di banding poso…klo poso apa yg di andalkan skrg..
    sala 1 yg menunjang prkmbagan suatu daerah adalah sektor prekonomian..sorii kota luwuk derah yg kaya, makmur,aman dan sejatra.pokokx smuanya deh menunjang.dan

  29. budi says:

    contoh kecil saja singapur negara paling kecil luas wilayahnya dan jumlah pnduduk di asia tenggra…tapi bisa mnjdi suata negra…karna apa. ? itu karna prtmbhan ekonominya yg maju pesat..bahkan menjdi negara paling maju di asia tenggra..jd jgn jdikan suata ukuran besar kecilnya suatu wilayah.begitu juga LUWUK yg maju pesat trus dan trussssssss……yg perjlanannya seperi singapura…
    bahkan investor asing lebih byak menenamkan sahamnya di luwuk..bi bagaimana eeee…..boleh bagitu.

  30. poso asli says:

    pada intinya poso yang TETAP DAN PASTI jadi ibu kota SULTIM,,masalahnya skrg so bosan torang di jajah sama palu.
    baku2 bantah trus saja..napa orang palu cuma mo ktwa2 akn torang.

  31. Anonymous says:

    Poso harus jadi ibu kota sultim karna dia lebih baik dari pada kabpaten lainya.

  32. Kamilah says:

    Banyakk barangkali yang mau jadi SULTIM haha.. bukan hanya Poso dan Luwuk… makanyaa kesiapannya donkk…
    smua kota harus punya kesiapan! supaya pas diberi kesempatan untuk menjadi ibu kota profinsi (SULTIM terutama) langsung diterima, tidak banyak masalah yang akan terjadi dan semua orang mengakuinya untuk menjadi ibukota provinsi!

  33. yudhii says:

    haahaaahaaa ..
    Luwuk apa yg d’banggain sii .. kyak’y ga ada ..
    Di luwuk mo andalin apa Bandara,Dermaga,LSM (Luwuk Shoping Mall) yg keciil dan cma bertingkat dua ??
    gaa ush d’bangga2in deech ..
    yg psti pooso msiih yg terbaiik ..
    dan ingat d’poso ada satu keunggulan yg membuat poso akn menjadii lebih maju yaitu PLTA Sulewana ..
    Di luwuk ada ga ??
    Dan satu lagii Poso pernh menjadi ibu kota sulteng selma 6 bulan .. tpi, karena terjadi’y kerusuhan mka ibu kota sulteng di pindhkn di Palu ..
    Poso maju terus ….
    Di luwuk mo andalin apa Bandara,Dermaga,LSM (Luwuk Shoping Mall) yg keciil dan cma bertingkat dua ??
    gaa ush d’bangga2in deech ..
    yg psti pooso msiih yg terbaiik ..
    dan ingat d’poso ada satu keunggulan yg membuat poso akn menjadii lebih maju yaitu PLTA Sulewana ..
    Di luwuk ada ga ??
    Dan satu lagii Poso pernh menjadi ibu kota sulteng selma 6 bulan .. tpi, karena terjadi’y kerusuhan mka ibu kota sulteng di pindhkn di Palu ..
    Poso maju terus ..

  34. sonda maukari says:

    memang poso cocok jdi ibukota sultim krn letak serta aksesnya jg bagus sdmnya tambah danau poso dan pemandangannya situs2 yg unik yg t di miliki oleh daerah lain sy sng poso jdi ibukota provinsi klu t ada poso maka luwuk pasti jg t ada

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: